Syarat Mengurus Simaksi Gunung Gede

Syarat Mengurus Simaksi Gunung Gede – Gunung Gede Pangrango ialah salah satu gunung hits yang banyak didatangi para pendaki dari berbagai penjuru Indonesia bahkan macanegara. Sebagaimana biasanya, untuk mendapatkan akses pendakian maka pendaki harus mempunyai simaksi.

Simkasi adalah semacam surat izin untuk mendapat akses pendakian yang dikeluarkan oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) sebagai pengelola kawasan gunung Gede Pangrango.

Untuk menerima simaksi atau booking pendakian Gunung Gede Pangrango, pihak pengelola sudah mengaplikasikan metode online melalui situs resminya. Sistem booking online pendakian gunung Gede Pangrango ini terus dikembangkan supaya semakin mempermudah pelaksanaan pendaftaran.

Dengan adanya simaksi online gunung Gede Pangrango ini, diharapkan para pendaki menjadi lebih leluasa ketika melaksanakan registrasi sebab bisa dikerjakan dari mana saja.

Adapun bagi pendaki yang tidak biasa mengurus simaksi secara online maka tulisan ini akan cukup membantu. Namun pada situasi pendaki terkendala melaksanakan pendaftaran atau booking simaksi secara online, maka kami informasikan juga cara alternatif lain.

Diantara metode untuk mendapat simaksi tersebut tentunya booking secara online lewat website resmi harus diutamakan. Adapun pada kondisi terntentu saat pendaftaran secara online tidak dimungkinkan, maka bisa menggunakan cara alternatif yakni lewat koperasi atau basecamp.

Satu hal yang perlu diperhatikan, pastikan mendapatkan simaksi dengan cara yang sah dan menggunakannya berdasarkan pada operasional pendakian yang diatur pihak pengelola. Jangan sekali-sekali memaksakan untuk mendaki secara illegal, sebab selain dapat terkena hukuman juga bisa membahayakan diri pendaki.

Berikut langkah-langkah cara mengurus simaksi/ booking pendakian gunung Gede Pangrango, silahkan disimak ya!

syarat mengurus simaksi gunung gede

Mengurus Simaksi Secara Online (Booking Online)

Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi calon pendaki kalau mau mengajukan pendaftaran simaksi online, yakni:

  1. Jumlah pendaki minimum 3 orang dan maksimum 10 orang dengan salah satu diantaranya sebagai ketua kelompok
  2. Setelah selesai mengisi data pendaftaran, maka harus melunasi tarif tiket sejumlah total atau sebesar 100% di muka
  3. Validasi data calon pendaki membutuhkan waktu maksimum 3 hari kerja
  4. Calon pendaki berumur dibawah 17 tahun wajib menyertakan Surat Izin Orang Tua/Wali disertai Fotocopy identitas Oang Tua/Wali yang masih berlaku
  5. Calon pendaki yang berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas) dan/atau berusia lanjut wajib ditemani pemandu atau guide yang berpengalaman
  6. Warga Negara Asing (WNA) harus melakukan registrasi pendakian langsung di Kantor BBTNGGP, serta menggunakan jasa pemandu selama melaksanakan pendakian.

Jikalau seluruh ketentuan di atas sudah bisa dipenuhi maka dapat melanjukan untuk melaksanakan booking online pendakian gunung Gede Pangrango melalui website pengelola.

Kunjungi halaman booking online pendakian Gunung Gede Pangrango berikut http://booking.gedepangrango.org

Baca dan pahami secara seksama setiap poin prasyarat yang tercantum di laman tersebut. Jika calon pendaki bersedia dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, berikan tanda centang pada setiap kolom “Saya sudah membaca,…“ sebagai persetujuan, kemudian lanjut ke laman berikutnya.

Berikutnya, perhatikan pada kolom Sisa Kuota Tersedia, kalau ditandai dengan warna hijau atau biru berarti masih ada kuota untuk pendakian pada tanggal itu. Namun jika diberi tanda warna merah maka kuota pada tanggal itu sudah penuh atau tutup (tak menerima pendakian).

Pada halaman berikutnya mesti megnisi form pendaftaran berupa detail pendakian, identitas pendaki dengan menyertakan scan/foto kartu identitas. Pastikan untuk melengkapi setiap kolomnya dengan data yang valid dan sesuai kartu identitas.

Selesai melengkapi data, berikutnya lakukan pembayaran sesuai jumlah total ke rekening yang tertera. Bagi yang belum mengetahui metode melakukan pembayaran, tautan tutorialnya disertakan di bagian bawah tabel pada halaman tersebut. Apabila tak melakukan pembayaran dalam 2 jam maka registrasi akan dibatalkan secara otomatis.

Setelah melakukan pembayaran maka sistem akan secara otomatis melakukan verifikasi pembayaran untuk berikutnya menvalidasi pendaftaran yang diajukan. Untuk cek status pendaftaran bisa login ke halaman awal dengan memasukan sandi yang sebelumnya diberikan.

Dihalaman itu tersedia berkas-berkas yang bisa diunduh dan harus dilengkapi kemudian disertakan ketika pengambilan simaksi nantinya.

Lokasi pengambilan simaksi tergantung trek yang dipilih yakni jalur Cibodas di Balai Besar TNGGP, trek Putri di Kantor Resort Gunung Putri dan jalur Selabintana di Kantor Resort Selabintana. Waktu pengambilan pada hari dan jam operasional yakni Senin – Jumat pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 06.00 WIB – 15.00 WIB.

Adapun persyaratan pengambilan simaksi wajib menyerahkan lembar registrasi pendakian (draf validasi), menyerahkan surat pernyataan standar pendakian dan menyertakan surat pernyataan orang tua/wali untuk pendaki berumur di bawah 17 tahun.

Tiap calon pendaki wajib melaksanakan pemeriksaan kesehatan pada hari H pendakian (sesuai dengan tanggal pendakian). Dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari fasilitas layanan kesehatan resmi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (S.O.P) Pemeriksaan Kesehatan Pendakian di TNGGP.

On The Spot (Offline)

Pada keadaan tertentu yang menjadikan proses registrasi secara online tidak memungkinkan atau karena alasan lainnya, maka bisa memakai opsi mengurus simaksi secara offline dengan mendatangi langsung ke kantor pengelola TNGGP yang berada di masing-masing trek pendakian.

Selain itu, pendaftaran simaksi on the spot juga bisa {dilakukan|dikerjakan) via koperasi yang telah ditunjuk oleh pengelola.

Melalui Basecamp (Online dan Offline)

Opsi lain untuk mengurus simaksi pendakian Gunung Gede Pangrango secara sah bisa dilakukan lewat basecamp yang sudah teregistrasi di koperasi TNGGP. Pengurusan simaksi lewat basecamp akan mengikuti prosedur TNGGP sebab diproses via koperasi.

Kelebihan mengurus simaksi lewat basecamp bisa dilakukan secara online ataupun on the spot (offline) dan dapat dilakukan secara kolektif. Kelebihan ini tentunya akan sangat berguna terutama bagi calon pendaki yang bertim, karena tak perlu mengurus simaksi satu-satu.

Selain itu, basecamp pendakian meyediakan beragam layanan dan jasa penunjang pendakian seperti jasa guide, jasa porter, sewa penginapan berupa barak/homestay/mini villa, rental perlengkapan pendakian dan jasa transportasi.

Sehingga bagi para pendaki yang memerlukan fasilitas tambahan pendukung pendakian seperti di atas, maka bisa memakai jasa basecamp untuk memenuhi keperluan akomodasi dan fasilitas pendakian sesuai kemauan.

Apabila berminat memakai jasa basecamp kami untuk memenuhi kebutuhan fasilitas dan akomodasi penunjang pendakian, silahkan cek detil layanan dan jasa yang kami sediakan di halaman layanan. Info dan reservasi layanan bisa menghubungi kami lewat whatsapp di bawah.

Demikianlah artikel tentang Syarat Mengurus Simaksi Gunung Gede semoga berguna, terutama untuk yang mau berkunjung ke TNGGP. Jangan ragu untuk mengontak kami walau cuma sekadar bertanya atau berkonsultasi perihal pendakian Gunung Gede Pangrango. Admin kami yang merupakan akamsi (anak kampung sini), bersedia membantu memberi berita terbaru yang diperlukan.