Mata Air Gunung Gede Via Putri

Mata Air Gunung Gede Via Putri – Jalur Pendakian Gunung Gede melalui Putri (Gunung Putri) dikenal sebagai trek yang cukup terjal dan didominasi tanjakan. Namun trek ini adalah trek dengan jarak tempuh terpendek diantara tiga trek yang lain. Bila rata-rata waktu tempuh untuk pendakian Gunung Gede via trek Cibodas adalah 10 jam, maka melalui trek Putri ini bisa lebih cepat hingga dua sampai tiga jam.

Trek Putri ke gunung Gede ialah trek favorit sebab hampir tak pernah sepi malah selalu full booked dikala weekend. Trek ini dapat dibilang sebagai jalur yang ramah pemula karena kondisi jalur dan penunjuk arah yang cukup jelas. Adapun lokasinya terletak di Kp. Gunung Putri, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

mata air gunung gede via putri

Mengapa Mendaki Gunung Gede lewat Jalur Putri?

Setidaknya ada 3 alasan kenapa memilih trek Putri untuk pendakian Gunung Gede, yaitu

Kuota pendaki lebih banyak

Trek pendakian Gede Pangrango via Putri memiliki alokasi kuota pendaki terbanyak, sehingga kemungkinan mendapat simaksi lebih banyak. Memudahkan Anda yang akan mendaki bersama grup.

Jalur terpendek

Merupakan trek terpendek dengan waktu tempuh tercepat sampai dua-tiga jam lebih cepat dari trek Cibodas. Rata-rata pendaki yang lewat jalur Putri dapat sampai dalam waktu tujuh jam, sedangkan via Cibodas memerlukan waktu sampai 10 jam.

Lewat pemukiman dan perkebunan warga

Salah satu keunikan jalur pendakian melalui Gunung Putri ialah trek awal akan melalui pemukiman dan ladang penduduk sekitar. Kalau memulai pendakian pagi, kamu akan menyaksikan kehidupan sehari-hari warga sekitar, mulai petani yang sedang menggarap ladang hingga para bocil yang akan berangkat ke sekolah.

Apakah Jalur Pendakian Gunung Gede via Putri Aman untuk Pemula?

Untuk mengakses pendakian gunung Gede ada tiga trek legal yakni jalur Gunung Putri, Cibodas dan Selabintana. Berdasarkan pantauan admin, seandainya diurutkan menurut tingkat kesusahan medan pendakian maka urutan dari yang paling santuy ialah:

Jalur Cibodas, jalurnya tidak terlalu terjal dan banyak spot alam yang menarik. Salah satu medan yang cukup sulit adalah di Tanjakan Setan yang cukup terjal.

Jalur Gunung Putri, trek ini terkenal cukup terjal dengan medan berupa akar pepohonan namun memiliki jarak tempuh paling dekat diantara trek lainnya.

Jalur Selabintana, merupakan trek terpanjang dengan jarak sekitar dua belas kilo meter, medan berupa hutan yang rimbun dan sering kali ditemukan hewan pengisap darah yang bernama pacet.

Jalur pendakian Gunung Gede via Putri dan via Cibodas cukup ramah pemula sebab jalurnya cukup terbuka dan memiliki penunjuk arah yang jelas. Sebaliknya, trek Selabintana tak disarankan bagi pendaki pemula atau belum berpengalaman.

Apabla dibutuhkan, demi alasan keselamatan dan kemanan dianjurkan untuk menggunakan jasa pemandu (guide).

Simaksi Pendakian Gunung Gede via Putri

Sebelum melaksanakan pendakian Gunung Gede via Putri tentunya pendaki wajib memiliki izin pendakian yang umumnya disebut simaksi. Metode mengurus simaksi pendakian Gunung Gede lewat Putri pada dasarnya sama saja dengan cara mengurus simkasi dari jalur lainnya. Yaitu booking secara online via website pengelola (TNGGP) di https://booking.gedepangrango.com, adapun metode alternatifnya dapat melalui koperasi dan basecamp.

Adapun pembahasan lebih detail berkaitan dengan metode mengurus simaksi pendakian gunung Gede sudah kami uraikan pada tulisan sebelumnya yaitu langkah booking simaksi gunung Gede.

Lokasi Jalur Pendakian Gunung Gede via Putri

Lokasi jalur pendakian Gunung Gede lewat Putri terletak di Kp. Gunung Putri, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Aksesnya kalau dari arah Bandung belok kiri di pertigaan Simpangraya, masuk ke Pasekon, Pasir Kampung, via Kantor Desa Sukatani, Pacet.

Gunung Putri Desa Sukatani juga dapat diakses dari Perempatan Emas (Istana Cipanas, Kantor Pos, Pos 55 Polsek, Pasar Tradisional Cipanas). Ambil masuk jalur Barat arah Makam Pahlawan Cipanas, pilih jalur kiri masuk ke Sindangsari, lurus masuk ke Tegalsapi/Kayumanis, melewati Kantor Desa Sukatani dan masuk Gunung Putri seperti di atas.

Rute Menuju Trek Pendakian Gunung Gede via Putri

Lokasi jalur pendakian gunung Gede melalui Gunung Putri berada di Cipanas, Cianjur sehingga cukup mudah diakses sebab lokasinya berdekatan dengan kota-kota besar di Jawa Barat seperti Bandung dan kawasan Jabodetabek.

Rute Transportasi Gunung Gede via Putri dari Jakarta

Dari Jakarta dengan kendaraan umum dapat menggunakan bus jurusan Jakarta – Bandung, Bogor – Bandung yang via puncak turun di pertigaan Cibodas. Kemudian dari Terminal Cipanas ke Gunung Putri memakai angkot sekitar 30 menit atau berjarak 7 km, menuju Pasar Cipanas, lalu ke pertigaan Cipanas, kemudian naik angkutan perkotaan warna kuning atau ojek dengan tujuan Gunung Putri.

Rute Transportasi Gunung Gede via Putri dari Bandung

Dari Bandung dengan kendaraan umum bisa menggunakan bis Bandung – Sukabumi menuju Terminal Rawa Bango, Cianjur. Dari terminal Cianjur dilanjutkan dua kali naek angkot menuju Pasar Cipanas. Kemudian dari Pasar Cipanas lanjut ke lokasi pendakian atau basecamp Gunung Putri dengan memakai angkutan perkotaan atau ojek.

Rute Transportasi Gunung Gede via Putri dari Stasiun Bogor

Dari Stasiun Bogor bisa dengan menumpangi angkutan perkotaan nomor 03 turun di tempat pemberhentian Damri. Lanjut naik angkutan kota no 01 ke Pasar Ciawi, lanjut menggunakan elf berwarna putih turun di Pasar Cipanas. Berikutnya menyebrang ke pertigaan Cipanas untuk naik angkot berwarna kuning menuju pintu masuk Gunung Putri.

Peta Jalur Pendakian Gunung Gede via Putri

Untuk mempermudah para pendaki ketika perjalanan mendaki melewati jalur Gunung Putri, pihak TNGGP via websitenya memberikan info yang berkaitan dengan peta. Adapun peta trek pendakian Gunung Gede melalui Putri tersebut disajikan dalam bentuk peta interaktif dari Google Maps.

Pada peta itu terdapat info terkait ketiga jalur yang ada yakni trek Cibodas, trek Gunung Putri dan trek Selabintana. Adapun untuk jalur pendakian gunung Putri ditandai warna kuning, silahkan diamati jalur, keterangan dan lokasi pos-posnya.

Sumber Air di Jalur Pendakian Gunung Gede via Putri

Jalur pendakian Gunung Gede lewat Putri sedikit ditemukan sumber air. Untuk itu bila akan mendaki Gunung Gede via trek Putri pastikan menyiapkan persediaan air yang cukup.

Adapun sumber mata air di jalur ini berada di area jalur pada awal pendakian setelah tempat pembuangan sampah (dari basecamp menuju pos 1). Berikutnya tidak akan ditemukan lagi sumber air selain di pos 5 yaitu di alun-alun Suryakecana.

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Gede via Putri

Berdasarkan informasi dari plang penunjuk arah, jarak tempuh dari lokasi pendakian gunung Putri ke Suryakencana ialah 6 km. Estimasi waktu tempuh untuk perjalanan dari basecamp Gunung Putri sampai di Alun-alun Suryakencana sekitar 6,5 jam.

Kemudian perjalanan dari Suryakencana menuju puncak Gede membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Dengan demikian, estimasi waktu tempuh dari basecamp gunung Putri hingga di puncak Gede sekitar 7 jam, belum termasuk istirahat dan bermalam.

Jalur dan Medan Pendakian Gunung Gede via Putri

Meski terkenal memiliki medan yang cukup terjal, jalur ini dapat dibilang cukup ramah pemula sebab keadaan trek dan penunjuk arah yang cukup jelas. Berkaitan dengan pos pendakian Gunung Gede via Putri tmempunyai 5 pos yaitu pos informasi, pos Legok Leunca, pos Buntut Lutung, pos Simpang Maleber, dan pos kelima Alun-alun Suryakencana Timur.

Basecamp – Pos 1: Informasi (30 menit)

Medan yang akan dilalui pada awal perjalanan menuju pos 1 ini cukup landai dengan didominasi kebun warga. Saat mulai memasuki wilayah hutan, kontur mulai menanjak dengan medan berupa tanah merah, bebatuan diantara akar pohon-pohon. Perjalanan dari basecamp menuju pos 1 ini jaraknya hampir 1 km bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30menit.

Pos 1 ini berada pada ketinggian 1880 mdpl, terdapat gazebo yang dapat digunakan untuk rehat. Selain itu, di lokasi ini juga biasanya ditemukan wargun (warung gunung) yang menjajakan kopi, buah-buahan, gorengan, sampai nasi bungkus.

Pos 1 – Pos 2: Legok Leunca (30 menit)

Perjalanan ke pos 2 Legok Leunca akan melewati medan berupa tanah merah, berbatu yang didominasi akar pepohonan dengan kontur yang mulai menanjak. Jarak tempuh dari pos 1 ke pos 2 Legok Leunca sekitar 500 meter, dengan waktu tempuh sekitar setengah jam.

Pos 2 berada diketinggian 1993 mdpl dengan ciri khas seperti pos 1 yakni adanya gazebo sederhana dan wargun disekitar area pos.

Pos 2 – Pos 3: Buntut Lutung (90 menit)

Menuju ke pos 3 Buntut Lutung medan yang dilewati hampir seperti saat perjalanan ke pos 2 yaitu barupa tanah diantara akar pepohonan dengan kontur menanjak. Jarak tempuh dari pos 2 ke pos 3 Buntut Lutung sekitar 1 km dengan waktu tempuh sekitar 90 menit.

Pos 3 – Pos 4: Simpang Maleber (180 menit)

Perjalanan ke pos 4 Simpang Maleber bisa dikatakan sebagai medan tersulit selama pendakian Gunung Gede via Putri. Adapun medan yang dilalui berupa akar pohon-pohon, tak jarang harus melewati ranting dan pohon yang tumbang menghalangi trek. Kontur medan menuju pos 4 ini didominasi tanjakan dan minim bonus (medan landai).

Sebelum tiba di pos 4 akan melewati pos bayangan yang disebut dengan Lawang Saketeng pada ketinggian 2490 mdpl. Oleh sebab medan cukup berat dan jarak dari pos 3 menuju pos 4 cukup jauh, maka pos bayangan ini seringkali dipakai tempat beristirahat.

Jarak tempuh dari pos 3 ke Pos 4 Simpang Maleber sekitar 2 km dengan waktu tempuh sektiar 180 menit. Adapun pos 4 ini berada diketinggian 2627 mdpl.

Pos 4 – Pos 5: Suryakencana Timur (60 menit)

Medan pendakian dari pos 4 ke pos 5 alun-alun Suryakencana Timur masih seperti perjalanan dari pos 3 ke pos 4 yakni didominasi tanjakan diantara akar pepohonan. Ketika kontur medan telah mulai melandai menyusuri jalan setapak bebatuan, tandanya telah dekat dengan tujuan yaitu pos 5 Alun-alun Suryakencana sebelah Timur.

Jarak tempuh dari pos 4 menuju pos 5 Alun-alun Suryakencana Timur sektiar setengah kilo meter dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.

Alun-alun Suryakencana yang berada pada ketinggian 2756 mdpl ini adalah lokasi berkemah terfavorit sebab arealnya luas (sekitar 50 hektar) dan kondisinya terbuka tak rimbun seperti Kandang Badak. Alasan lain yang membuat Suryakencana lokasi untuk camp terfavorit yaitu keberadaan tanaman Edelweiss yang tumbuh di area itu.

Pos 5 – Puncak Gede (30 menit)

Dari Alun-alun Suryakencana ke puncak Gede akan melewati medan berupa ajalan setapak berbatu dengan kontur yang menanjak. Jarak tempuh dari Suyakencana menuju puncak Gede sekitar setengah kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Puncak Gede berada pada ketinggian 2958 mdpl yang merupakan puncak gunung tertinggi ke-3 di Jawa Barat setelah gunung Pangrango (3019 mdpl) dan gunung Ciremai (3078 mdpl).

Tips Tektok Gunung Gede via Putri

Untuk meminimalisir kendala dikala perjalanan mendaki tektok gunung Gede, berikut beberapa tipsnya

Persiapan fisik, bisa dengan melakukan jogging dan olahraga seperti lari paling tidak seminggu sebelum hari pendakian. Jogging dan lari bermanfaat untuk menambah stamina dan melatih kekuatan otot kaki, untuk meminimalisir terjadinya cidera ketika melakukan pendakian tektok

Pantau kabar terbaru, untuk keamanan dan keselamatan ketika melakukan pendakian maka hal ini wajib diperhatikan. Diantaranya operasional, perkiraan keadaan cuaca, ketersediaan akomodasi pendukung dan info lainnya yang dapat diperoleh dari media TNGGP dan lembaga terkait

Datang H-1 pendakian, tujuannya agar dapat beristirahat sebelum mengawali pendakian, terutama bagi pendaki datang dari perjalanan yang cukup jauh

Cukup istirahat, rehat dan tidur yang cukup untuk membantu recovery sebelum hari pendakian. Lokasi beristirahat dapat singgah ke basecamp atau bila memerlukan tempat beristirahat yang lebih nyaman dan private bisa menyewa homestay atau mini villa

Mulai pendakian di pagi hari, selain keadaannya masih segar juga akan memiliki banyak waktu untuk menikmati perjalanan mendaki tanpa harus terburu-buru

Bawa barang secukupnya, untuk mempermudah perjalanan mendaki maka bawalah barang seperlunya sesuai kebutuhan. Makin ringan dan ringkas logistik yang dibawa akan membuat tubuh lebih tahan lelah dan bergerak lebih cepat

Pastikan fisik dalam kondisi terbaik, terbatasnya waktu membuat ritme pendakian tektok harus lebih cepat dan memangkas waktu istirahat dari pada pendakian biasa. Oleh karena itu memastikan kondisi fisik yang prima menjadi hal yang sangat penting saat akan melakukan pendakian tektok.

Fakta Unik Jalur Pendakian Gunung Gede via Putri

Wargun (Warung Gunung), trek ini memiliki keunikan tersediri yaitu sepanjang perjalanan mendaki akan gampang ditemukan wargun alias arung gunung. Warung gunung ini biasanya berupa lapak sederhana dengan terpal atau meja kecil yang dibangun warga sekitar untuk berjualan kopi, gorengan dan makan ringan lainnya.

Jalur faforit, meski jalur ini memiliki alokasi kuota pendaki terbanyak dibanding dengan jalur lainnya, tapi jalur ini hampir tidak pernah sepi peminat malahan kerap kali menjadi trek yang selalu full booked.

Basecamp Gunung Gede via Putri

Membutuhkan basecamp untuk menunjang aktifitas mendaki gunung Gede via gn Putri?  Kami adalah salah satu pengelola basecamp di jalur pendakian Gunung Gede via Putri dengan bermacam layanan penunjang pendakian. Adapun layanan yang kami sediakan yakni basecamp/barak, penginapan homestay, penginapan private (cottage)/ mini villa, parkir 24 jam, rental perlengkapan outdoor, jasa pemandu pendakian (guide) dan porter, jasa trasport menuju lokasi pendakian dan paket pendakian.

Alamat dan Kontak Basecamp Gede via Putri

Alamat basecamp kami berlokasi di Kp. Gunung Putri Rt. 03 Rw. 08 No. 39, Desa Sukatani, Kec. Pacet, Cianjur, Jawa Barat

Kontak basecamp silahkan mengontak salah satu saluran di bawah ini:

SMS/Telp: 0838-2912-4177

WhasApp: 0838-2912-4177

Google Maps: Basecamp Putri Gede Pangrango

Jasa dan Layanan Basecamp Gede via Putri

Selain melayani basecamp pendakian, kami juga menyediakan layanan penunjang lainnya yakni

Basecamp/ Barak

Basecamp dengan posisi strategis tepat di pinggir jalur pendakian Gunung Gede via Putri dan lokasinya dekat dengan pos pemeriksaan simaksi. Areanya luas sanggup menampung hingga 200 orang dengan fasilitas seperti toilet, alas tidur, cas gadget

Homestay

Penginapan berkonsep homestay di rumah-rumah penduduk sekitar lokasi pendakian dengan kapasitas maksimal sekitar 10 orang (1-2 regu pendaki). Cocok untuk kelompok pendaki yang menginginkan ketenangan untuk istirahat dan privasi lebih dari pada basecamp.

Adapun fasilitas ruangan yang merupakan ruangan khusus terpisah dari penghuni rumah, lebih private dan hening dari pada basecamp, tersedia alas tidur, selimut, free charge gadget, WC/kamar mandi.

Cottage/ Mini Vila

Penginapan berkonsep private cottage atau mini villa yang berdiri diantara perkebunan dengan panorama yang indah dan adem. Lokasi tak terlalu berdekatan dengan pemukiman warga, basecamp dan jalur besar yang dilewati pendaki sehinga suasananya hening dan sunyi.

Kapasitas maksimal 5 orang dengan fasilitas ruang tengah, 1 kamar tidur + kasur, dapur + alat masak, kamar mandi, mini pool (opsional), layanan pesan antar makanan, tenang dan nyaman.

Titip Kendaraan/ Parkir 24 Jam

Tersedia lahan parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Anda fokus mendaki, kendaraan titipkan ke kami untuk dijagain 24 jam. Lokasi berada dipinggir jalan akses utama trek Gunung Putri dan berdekatan dengan basecamp.

Guide & Porter

Pertama mendaki gunung Gede? Tim pemandu (guide) kami yang telah terlatih dan berpengalaman siap mendampingi perjalanan mendaki Gunung Gede Pangrango sehingga lebih menyenangkan dan informatif.

Perjalanan mendaki cukup jauh dan terjal, bobot logistik dan perlengkapan bikin males? Tenang, tim porter kami bersedia membantu membawakan kebutuhan logistik. Anda konsentrasi saja mendaki dan selfie-selfie, bobot logistik biar tim kami yang urus.

Rental Perlengkapan Outdoor

Ingin muncak ke Gede Pangrango tetapi perlengkapan tidak memadai? Datang saja ke basecamp kami, tersedia berbagai tipe tenda, carrier, sepatu, cooking set, kompor, matras, sleeping bag, fly sheet, hammock, trekking pole, alat penerangan, rain cover hingga outfit penunjang pendakian.

Transportasi

Regu pendaki yang berasal dari area Jabodetabek dan sekitarnya dapat memakai jasa layanan antar jemput (pulang pergi) menuju basecamp. Adapun rute yang kami layani meliputi area Bogor, Bekasi, Jakarta, Depok, Tangerang dan sebagian area Jawa Barat.

Paket Pendakian

Melayani paket pendakian Gunung Gede Pangrango untuk 2D1N dengan detail yang termasuk pada paket seperti simaksi, asuransi pendakian, makan, tenda, sleeping bag, peralatan makan dan masak serta porter dan fasilitator.

Info mendetail tentang jasa dan layanan akomodasi pendakian yang kami layani bisa dilihat di halaman layanan. Pemesanan dan reservasi dengan mengubungi kami melalui nomor whatsapp yang ada atau melalui laman kontak.

Demikianlah informasi terkait Mata Air Gunung Gede Via Putri semoga bermanfaat bagi Anda yang berencana melakukan pendakian gunung Gede via Putri. Bila memerlukan info lain yang berkaitan dengan pendakian gunung Gede via Putri yang belum tercantum pada artikel ini, silahkan mengontak kami via kontak yang tersedia. No worries, konsultasi GRATIS!