Jasa Simaksi Gunung Gede

Jasa Simaksi Gunung Gede – Gunung Gede Pangrango adalah salah satu diantara gunung favorit yang banyak dikunjungi para pendaki dari penjuru Indonesia tak sedikit dari luar negeri. Sebagaimana umumnya, untuk mendapat izin pendakian maka pendaki wajib mempunyai simaksi.

Simkasi yakni semacam surat izin untuk mendapat izin pendakian yang dikeluarkan oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) sebagai pengelola kawasan gunung Gede Pangrango.

Untuk mendapat simaksi atau booking pendakian Gunung Gede Pangrango, pihak pengelola sudah memakai metode online melalui laman resminya. Cara booking online pendakian gunung Gede Pangrango ini terus dimaksimalkan agar semakin mempermudah pelaksanaan registrasi.

Dengan adanya simaksi online gunung Gede Pangrango ini, diharapkan para pendaki menjadi lebih leluasa saat melakukan registrasi sebab bisa dikerjakan dari mana saja.

Adapun bagi pendaki yang tak biasa mengurus simaksi secara online maka artikel ini akan cukup membantu. Tapi pada situasi pendaki terkendala melakukan pendaftaran atau booking simaksi melalui online, maka kami informasikan juga cara alternatif lain.

Diantara cara untuk mendapat simaksi itu tentunya booking secara online lewat situs resmi harus diutamakan. Adapun pada kondisi terntentu saat registrasi secara online tidak dimungkinkan, maka dapat menggunakan cara alternatif yaitu lewat koperasi atau basecamp.

Satu hal yang perlu diperhatikan, pastikan memperoleh simaksi dengan metode yang sah dan memakainya sesuai operasional pendakian yang ditentukan pihak pengelola. Jangan sekali-sekali memaksakan untuk mendaki secara illegal, sebab selain dapat terkena hukuman juga dapat berbahaya diri pendaki.

Berikut langkah-langkah metode mengurus simaksi/ booking pendakian gunung Gede Pangrango, silahkan disimak ya!

jasa simaksi pendakian gunung gede

Mengurus Simaksi Secara Online (Booking Online)

Ada beberapa ketetapan yang mesti dipenuhi calon pendaki jika ingin mengajukan registrasi simaksi online, yakni:

  1. Jumlah pendaki minimalpaling tidak 3 orang dan maksimum 10 orang dengan salah satu diantaranya sebagai ketua grup
  2. Setelah selesai melengkapi data registrasi, maka harus melunasi tarif tiket sejumlah total atau sebesar 100% di muka
  3. Proses Validasi data calon pendaki memerlukan waktu maksimum 3 hari kerja
  4. Calon pendaki berusia dibawah 17 tahun wajib menyertakan Surat Izin Orang Tua/Wali disertai Fotocopy identitas Oang Tua/Wali yang masih berlaku
  5. Calon pendaki yang berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas) dan/atau berusia lanjut wajib ditemani pemandu atau guide yang berpengalaman
  6. Warga Negara Asing (WNA) harus melakukan pendaftaran pendakian langsung di Kantor BBTNGGP, serta memakai jasa pemandu selama melakukan pendakian.

Jikalau seluruh ketentuan di atas telah dapat dipenuhi maka bisa melanjukan untuk melakukan booking online pendakian gunung Gede Pangrango melalui situs pengelola.

Kunjungi laman booking online pendakian Gunung Gede Pangrango berikut http://booking.gedepangrango.org

Baca dan pahami secara seksama tiap-tiap poin prasyarat yang termuat di halaman tersebut. Bila calon pendaki bersedia dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, berikan tanda centang pada tiap kolom “Saya sudah membaca,…“ sebagai persetujuan, kemudian lanjut ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya, perhatikan pada kolom Sisa Kuota Tersedia, kalau ditandai dengan warna hijau atau biru berarti masih tersedia kuota untuk pendakian tanggal itu. Tetapi jikalau diberikan tanda warna merah maka kuota pada tanggal tersebut sudah penuh atau tutup (tidak menerima pendakian).

Pada halaman berikutnya wajib megnisi form registrasi berupa detil pendakian, identitas pendaki dengan menyertakan scan/foto kartu identitas. Pastikan untuk melengkapi setiap kolomnya dengan informasi yang valid dan sesuai kartu identitas.

Selesai melengkapi data, selanjutnya lunasi pembayaran sesuai jumlah total ke rekening yang tertera. Bagi yang belum tahu cara melakukan pembayaran, link panduannya disertakan di bagian bawah tabel pada halaman tersebut. Jika tak melaksanakan pembayaran dalam 2 jam maka pendaftaran akan dibatalkan secara otomatis.

Setelah melaksanakan pembayaran maka sistem akan secara otomatis memverifikasi pembayaran untuk selanjutnya menvalidasi registrasi yang diajukan. Untuk cek status pendaftaran bisa login ke halaman muka dengan memasukan sandi yang sebelumnya diinformasikan.

Dihalaman itu tersedia berkas-berkas yang dapat diunduh dan mesti dilengkapi kemudian disertakan saat pengambilan simaksi nantinya.

Lokasi pengambilan simaksi tergantung trek yang dipilih yakni trek Cibodas di Balai Besar TNGGP, jalur Putri di Kantor Resort Gunung Putri dan trek Selabintana di Kantor Resort Selabintana. Waktu pengambilan pada hari dan jam operasional yaitu Senin – Jumat pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 06.00 WIB – 15.00 WIB.

Adapun prasyarat pengambilan simaksi wajib menyertakan lembar registrasi pendakian (draf validasi), menyerahkan surat pernyataan standar pendakian dan menyertakan surat pernyataan orang tua/wali untuk pendaki berumur di bawah 17 tahun.

Tiap-tiap calon pendaki wajib melakukan pemeriksaan kesehatan pada hari H pendakian (sesuai dengan tanggal pendakian). Dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari fasilitas layanan kesehatan legal sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (S.O.P) Pemeriksaan Kesehatan Pendakian di TNGGP.

On The Spot (Offline)

Pada situasi tertentu yang menjadikan proses registrasi secara online tidak memungkinkan atau karena alasan lainnya, maka bisa memakai opsi mengurus simaksi secara offline dengan mendatangi langsung ke kantor pengelola TNGGP yang berada di masing-masing trek pendakian.

Selain itu, registrasi simaksi on the spot juga bisa {dilakukan|dikerjakan) melalui koperasi yang sudah ditunjuk oleh pengelola.

Melalui Basecamp (Online dan Offline)

Opsi lain untuk mengurus simaksi pendakian Gunung Gede Pangrango secara resmi bisa dilakukan melalui basecamp yang telah teregistrasi di koperasi TNGGP. Pengurusan simaksi lewat basecamp akan mengikuti prosedur TNGGP sebab diproses via koperasi.

Kelebihan mengurus simaksi lewat basecamp bisa dilakukan secara online maupun on the spot (offline) dan dapat dikerjakan secara kolektif. Kelebihan ini tentunya akan sangat berguna terutama bagi calon pendaki yang bergrup, karena tidak perlu mengurus simaksi satu-satu.

Selain itu, basecamp pendakian meyediakan bermacam layanan dan jasa penunjang pendakian seperti jasa guide, jasa porter, sewa penginapan berupa barak/homestay/mini villa, rental peralatan mendaki dan jasa transport.

Sehingga bagi pendaki yang memerlukan fasilitas tambahan penunjang pendakian seperti di atas, maka bisa menggunakan jasa basecamp untuk memenuhi kebutuhan akomodasi dan fasilitas pendakian sesuai keinginan.

Sekiranya tertarik menggunakan jasa basecamp kami untuk memenuhi keperluan fasilitas dan akomodasi penunjang pendakian, silahkan cek detil layanan dan jasa yang kami sediakan di halaman layanan. Informasi dan reservasi layanan dapat kontak kami melalui whatsapp di bawah.

Demikianlah ulasan tentang Jasa Simaksi Gunung Gede semoga berguna, khususnya kepada yang ingin berwisata ke TNGGP. Jangan sungkan untuk mengontak kami walau cuma sekadar bertanya atau berkonsultasi perihal pendakian Gunung Gede Pangrango. Admin kami yang merupakan akamsi (anak kampung sini), bersedia membantu memberi info terbaru yang diperlukan.