Cerita Pendakian Gunung Gede Via Cibodas

Cerita Pendakian Gunung Gede Via Cibodas – Gunung Gede adalah salah satu destinasi wisata alam yang termasuk didalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Gunung tersebut adalah salah satu gunung di wilayah Jawa Barat yang cukup tenar dikalangan para pendaki.

Tak jarang, banyak pendaki dari luar pulau pun berkunjung untuk menaklukkan puncak dari gunung itu. Tak hanya puncak Gede saja, tetapi terdapat dua puncak dengan puncak paling tinggi di gunung Pangrango.

Baca juga: Ini Alasan Pendaki Memilih Jalur Putri ke Gunung Gede

Gunung dengan ketinggian 2.958 mdpl ini mempunyai 3 akses, yaitu trek lewat Cibodas, melewati Gunung Putri dan melewati Salabintana. Tetapi jalur paling favorit dan paling tenar yakni via trek Cibodas yang berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

cerita pendakian gunung gede via cibodas

Pendakian Gunung Gede lewat Cibodas memang salah satu trek yang tergolong paling jauh, namun mempunyai tingkat treking paling landai dibanding ke dua trek lainnya. Tidak cuma kelandaian trek, tetapi jalur itu terdapat berbagai obyek wisata alam yang cukup tenar di Jawa Barat.

Simaksi Gunung Gede Via Cibodas

Sebelum melakukan pendakian Gunung Gede lewat Cibodas tentunya pendaki harus memiliki izin pendakian yang umumnya disebut simaksi. Cara mengurus simaksi pendakian Gunung Gede lewat Cibodas pada dasarnya sama saja dengan cara mengurus simkasi dari jalur lainnya. Yakni booking secara online melalui website pengelola (TNGGP) di https://booking.gedepangrango.com, adapun metode alternatifnya bisa via koperasi dan basecamp.

Adapun pembahasan lebih detil berkaitan dengan langkah mengurus simaksi pendakian gunung Gede telah kami uraikan pada artikel sebelumnya yaitu langkah mengurus simaksi Gunung Gede.

Lokasi Jalur Pendakian Gunung Gede via Cibodas

Untuk menuju basecamp Cibodas atau pintu masuk pendakian Cibodas jalan masuknya cukup gampang yaitu tinggal menuju Kebun Raya Cibodas  yang berada di Kabupaten Cianjur Jawa Barat karena sudah satu arah menuju basecampnya.

Rute Menuju Jalur Pendakian Gunung Gede via Cibodas

Lokasi jalur pendakian gunung Gede melalui Cibodas berada di Cipanas, Cianjur sehingga cukup mudah diakses karena lokasinya berdekatan dengan kota-kota besar di Jawa Barat seperti Bandung dan wilayah Jabodetabek.

Rute Transportasi Gunung Gede via Cibodas dari Jakarta

Naik bus dari Terminal Kampung Rambutan, yang melintasi kawasan Puncak, Bogor, Jabar (Doa Ibu, Karunia Bakti), turun di pertigaan Cibodas. Lanjutkan naik angkot atau ojek untuk diantarkan ke Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atau Pos Pendakian. Pastikan rute bis melintasi kawasan puncak karena bis dari Kampung Rambutan ada yang tidak via puncak, namun melalui Cipularang.

Rute Transportasi Gunung Gede via Cibodas dari Stasiun Bogor

Dari Stasiun Bogor naik angkutan kota 03 tujuan Terminal Baranangsiang, turun di depan botani square. Kemudian lanjut angkutan perkotaan tujuan Cipanas, turun di pertigaan gang Cibodas. Dari pertigaan bisa naik angkutan perkotaan ke arah Pos Perizinan TNGGP.

Rute Transportasi Gunung Gede via Cibodas dari Bandung

Naik bis jurusan Bogor atau Jakarta yang melewati jalur Puncak turun di Cibodas, Cianjur. Pada masa liburan panjang umumnya kendaraan umum bis dialihkan, jadi tidak lewat jalur Puncak maupun Cibodas. Seandainya hal itu terjadi, tetaplah menuju Cianjur, lalu tinggal naik angkot ke Cibodas.

Peta Jalur Pendakian Gunung Gede via Cibodas

Untuk mempermudah para pendaki pada saat perjalanan mendaki lewat trek Cibodas, pihak TNGGP via websitenya memberikan informasi terkait peta. Adapun peta trek pendakian Gunung Gede lewat Cibodas itu disajikan dalam format peta interaktif dari Google Maps.

Pada peta tersebut terdapat informasi terkait ketiga jalur yang ada yaitu jalur Cibodas, trek Gunung Putri dan trek Selabintana. Adapun untuk jalur pendakian Cibodas ditandai dengan warna hijau, silahkan dilihat jalur, keterangan dan lokasi pos-posnya.

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Gede via Cibodas

Terdapat sepuluh spot shelter pemberhentian menuju tempat untuk mendirikan tenda sebelum summit. Pos pertama di Telaga Biru – Curug Cibeureum – Rawa Denok 1 – Rawa Denok 2 – Batu Kukus 1 – Batu Kukus 2 – Pondok Pemandangan – Air Panas – Kandang Batu – Kandang Badak. Kandang Badak ialah satu satunya pos terakhir atau daerah untuk mrndirikan tenda sebelum summit menuju dua puncak yaitu puncak Gede dan puncak Pangrango. Untuk menuju Kandang Badak pendaki biasanya menempuh perjalanan 5 jam sampai 7 jam perjalanan.

Untuk melajutkan perjalanan mendaki menuju puncak Gede akan dibutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam dari lokasi tenda di Kandang Badak. Jadi, total estimasi waktu tempuh pendakian Gunung Gede melewati jalur Cibodas yaitu 7 hingga 9 jam tidak termasuk waktu rehat dan bermalam.

Jalur dan Medan Pendakian Gunung Gede via Cibodas

Banyak keseruan yang ada di trek pendakian Cibodas. Keseruan yang dimaksud termasuk bermacam halang rintang yang ada di sana, serta keindahan alam dan pemandangan yang bikin betah berlama-lama di sana.

Pos Pendaftaran – Tarentong (15 menit)

Start awal pendakian kita harus melaksanakan registrasi ulang di pos pendaftaran. Jangan lupa cek kelengkapan dan jangan sepelekan keselamatan diri, bawalah peralatan yang komplit dan aman. Dan tak kalah penting patuhi semua tata tertib yang diberlakukan.

Tarentong – Telaga Biru (15 menit)

Perjalanan awal akan banyak didominasi oleh trek berbatu yang sudah dibentuk. Sebab pada pendakian permulaan ialah jalur wisata maka jangan heran jikalau banyak wisatawan yang hilir mudik. Mereka biasanya mengunjungi obyek wisata Telaga Biru dan Air Terjun Cibeureum. 30 menit perjalanan permulaan kita akan berjumpa dengan sumber air atau telaga kecil yang dinamakan “Telaga Biru“. Dalam perjalanan permulaan ini kita akan banyak menjumpai aliran air.

Telaga Biru – Rawa Panyangcangan (20 menit)

Dari Telaga Biru lalu perjalanan berlanjut menuju ke Rawa Panyangcangan, cukup 20 menit saja karena jaraknya dekat. Di sini ada sebuah rawa yang bernama “Panyangcangan”. Dan Pos Rawa Panyangcangan ini juga menjadi percabangan untuk menuju gunung Gede-Pangrango dan air terjun Cibeureum.

Rawa Panyangcangan – Rawa Denok 1 (10 menit)

Selanjutnya dari percabangan Rawa Panyangcangan kita akan lewat jalan Rawa yang sudah dibangun sedemikian rupa sehingga nyaman untuk dilewati. Jalan itu dibuat dari beton.

Berikutnya akan lewat pos-pos yang sama dan selepas dari jalan rawa kita akan berjumpa dengan jalan bebatuan dan mulai terjal, menanjak dan memutar. Mulai dari sini perlajanan naik gunung sebetulnya dimulai.

Pondok Pemandangan – Air Panas (2 jam 15 menit

Setelah sekitar 2 jam perjalanan selepas dari Rawa Denok 1 maka akan sampai di Air Panas. Di Pos Air Panas ini ialah sebuah jalan menembus aliran air panas dari puncak gunung Gede. Jalur yang akan kita lalui benar-benar ekstrim dan wajib sangat hati-hati karena kita akan berjalan di atas aliran air panas yang sempit dan cuma berpegangan dengan seuntai tali dan di bawah aliran tersebut merupakan jurang yang curam.

Sesudah melewati jalan air panas tersebut kita akan dengan shelter atau tempat rehat dan di sana ada kolam kecil air panas, kita bisa berendam kaki di sana.

Air Panas – Kandang Batu (1 jam)

Selanjutnya perjalanan menuju Kandang Batu memakan waktu 1 jam. Pos Kandang Batu ialah daerah yang cukup luas mampu menampung beberapa tenda.

Kandang Batu – Panca Weuleuh (10 menit)

Berikutnya, dekat dari Sangkar Batu kita akan bertemu dengan Air Terjun Panca Weuleuh.

Panca Weuleu – Kandang Badak (1 jam)

Selanjutnya 1 jam perjalanan lagi kita akan sampai di Pos Kandang Badak. Nah, di pos inilah menjadi pos paling favorit para pendaki untuk mendirikan kemah dan bermalam. Di Pos Sangkar Badak ini sangat berlimpah sumber air, ada daerah yang dibangun khusus seperti galon air untuk menampung air dari gunung. Di pos ini dapat menampung hingga puluhan tenda.

Kandang Badak – Puncak Gunung Gede (2jam)

Nah, perjalanan mendaki puncak dari Kandang Badak cukup memakan waktu. Yakni 2 jam perjalanan masing-masing, menuju puncak gunung Gede atau puncak gunung Pangrango. Nanti kita akan bertemu dengan percabangannya, kiri untuk puncak Gede, kanan untuk puncak Pangrango.

Dalam perjalanan menuju puncak Gede kita akan bertemu dengan jalan yang bercabang, satu jalan memutar, satunya lagi jalan melalui tanjakan yang sangat ekstrim dinamakan “tanjakan Setan”. Apabila mau dua-duanya kita dapat melalui trek pertama ketika berangkat, pulangnya bisa melewati trek Tanjakan Setan.

Kandang Badak – Puncak Gunung Pangrango (2 jam)
Kalau ingin ke puncak Pangrango berarti kita turun kembali, hingga di percabangan lalu pilih trek kanan menuju puncak Pangrango, perjalanan selama 2 jam.

Tips Tektok Gunung Gede via Cibodas

Untuk meminimalkan kendala pada saat perjalanan mendaki tektok gunung Gede, berikut beberapa tipsnya”

  • Persiapan fisik, bisa dengan melaksanakan jogging dan olahraga seperti lari paling tidak seminggu sebelum hari pendakian. Jogging dan lari bermaksud untuk menambah stamina dan melatih kekuatan kaki, untuk meminimalisir terjadinya cidera dikala melaksanakan pendakian tektok
  • Pantau berita terupdate, untuk keamanan dan keselamatan pada saat pendakian maka hal ini harus diperhatikan. Diantaranya operasional, prakiraan keadaan cuaca, ketersediaan akomodasi penunjang dan info lainnya yang dapat diperoleh dari media TNGGP dan lembaga yang berkaitan
  • Datang H-1 pendakian, tujuannya agar bisa beristirahat sebelum mengawali pendakian, terutama bagi pendaki datang dari perjalanan yang cukup jauh
  • Cukup beristirahat, rehat dan tidur yang cukup untuk membantu recovery sebelum hari pendakian. Lokasi beristirahat dapat singgah ke basecamp atau bila membutuhkan tempat beristirahat yang lebih nyaman dan private bisa menyewa penginapan
  • Mulai pendakian di pagi hari, selain suasananya masih segar juga akan memiliki banyak waktu untuk merasakan sensasi perjalanan mendaki tanpa harus terburu-buru
  • Bawa barang secukupnya, untuk memudahkan perjalanan mendaki maka bawalah logistik seperlunya sesuai kebutuhan. Semakin ringan dan ringkas logistik yang dibawa akan membantu tubuh lebih tahan lelah dan bergerak lebih cepat
  • Pastikan fisik dalam keadaan terbaik, terbatasnya waktu menjadikan ritme pendakian tektok mesti lebih cepat dan meminimalisir waktu istirahat dari pada pendakian biasa. Oleh karena itu memastikan keadaan fisik yang prima menjadi hal yang sangat penting dikala akan melaksanakan pendakian tektok.

Baca juga: Estimasi Waktu Pendakian Gunung Gede Via Putri

Demikianlah informasi terkait pendakian gunung Gede dan Pangranago lewat jalur Cibodas. Bagaimana, tertarik muncak ke gunung Gede atau Gunung Pangrango melewati trek ini?

Tetapi terlepas dari jalur mana pun yang dipilih, keamanan dan keselamatan wajib diutamakan. Latihan fisik ditunjang dengan perlengkapan yang mumpuni, patuhi setiap tata tertib yang berlaku dan jaga kelestarian alamnya.