8 Alasan Memilih Jalur Putri Ke Gunung Gede

8 Alasan Memilih Jalur Putri ke Gunung Gede – Ada tiga jalur pendakian gunung Gede Pangrango yakni trek Salabintana di Sukabumi, trek Cibodas dan jalur Gunung Putri. Ketiga jalur tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari ketiga jalur yang ada, jalur pendakian gunung Gede via Putri seringkali banyak diminati para pendaki sebab diketahui mempunyai beberapa kelebihan.

8 alasan memilih jalur putri ke gunung gede

Tidak aneh jika trek pendakian via Putri hampir tidak pernah sepi dan malahan senantiasa menjadi satu-satunya trek yang full booked pada hari-hari puncak pendakian. Setidaknya ada 8 alasan yang menjadikan pendakian gunung Gede via jalur Putri lebih banyak dipilih ketimbang jalur lainnya.

Berikut alasan-alasan mengapa mendaki gunung Gede lewat trek Putri senantiasa ramai:

Kuota pendaki lebih banyak

Kuota untuk trek via Gunung Putri yakni sebanyak 400 pendaki per hari, trek Cibodas 200 pendaki per hari, dan Selabintana lebih sedikit. Salah satu keuntungan memilih jalur Gunung Putri yaitu kemungkinan mendapatkan izin mendaki lebih banyak. Dengan demikian, akan mempermudah pendaki kalau mau mendaki bersama tim yang berjumlah banyak.

Banyak penyedia fasilitas dan layanan penunjang pendakian

Oleh sebab jalur Putri selalu ramai pengunjung hal ini membuat banyak penduduk sekitar membuka/ membangun basecamp dan menyediakan berbagai layanan pendukung pendakian. Banyaknya variasi basecamp tentunya akan membuat para pendaki tidak perlu takut kehabisan tempat atau kekurangan akan kebutuhan jasa dan layanan pendukung pendakian seperti jasa porter, rental perlengkapan outdoor, jasa titip kendaraan, penginapan dan lainnya.

Melewati pemukiman dan ladang warga

Salah satu keunikan trek pendakian melalui Gunung Putri ialah trek permulaan akan lewat pemukiman dan ladang warga setempat. Jika mengawali pendakian pagi, maka akan menyaksikan kehidupan sehari-hari warga sekitar, mulai petani yang sedang bekerja di ladang hingga bocah-bocah yang akan berangkat sekolah.

Bagi sebagian orang terutama yang tinggal di kota-kota besar, menyaksikan aktivitas kehidupan warga di pedesaan bisa menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan.

Lebih banyak berjumpa pendaki lain

Tidak akan merasa kesepian selama perjalanan mendaki lewat trek Gunung Putri sebab trek ini memang selalu ramai. Selama perjalanan mendaki kamu dapat bertemu dengan banyak para pendaki lainnya dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

Keuntungan lain melalui jalur yang tak sepi yaitu kamu tak akan kesusahan navigasi atau minta bantuan seandainya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Maka dari itu, trek ini rekomendasi bagi pendaki yang baru pertama kali ke gunung Gede.

Jarak tempuh lebih dekat

Trek Gunung Putri diketahui lebih berat dan terjal dibanding dengan trek Cibodas. Namun kamu akan lebih cepat sampai dari pada lewat trek lainnya. Rata-rata pendaki yang via jalur Putri bisa tiba di Suryakencana dalam 7 jam, sedangkan lewat Cibodas memerlukan waktu hingga 10 jam.

Lewat Alun-alun Suryakencana

Alun-alun Suryakencana dapat dibilang sebagai magnet utama yang membuat banyak pendaki mengunjungi ke Gede Pangrango. Pesona lembah ini yang paling susah diabaikan oleh para pendaki karena viewnya yang indah.

Lokasi kemping luas

Arealnya yang luas dan dihiasi Edelweiss ini memang mempunyai pemandangan yang mempesona, spot paling favorit di Gede Pangrango.

Karenanya bisa mendirikan tenda diantara rumpun Edelweiss dengan area terbuka tak tertutup pohon-pohon. Kondisi yang tepat untuk merasakan pemandangan bintang-bintang di langit pada malam hari.

Berbeda dengan camping ground di jalur Cibodas yaitu Kandang Badak, yang jauh lebih sempit dan rimbun.

Banyak ditemukan wargun

Jalur ini memiliki keunikan tersediri sebab sepanjang perjalanan mendaki akan mudah ditemukan wargun alias warung gunung. Biasanya berupa lapak simpel dengan terpal atau meja kecil yang dibuat warga sekitar untuk berjualan kopi, gorengan dan makan ringan lainnya.

Demikianlah artikel seputar 8 Alasan Memilih Jalur Putri ke Gunung Gede. Merupakan 8 alasan yang mungkin akan suka jikalau mendaki Gede Pangrango gunung Putri. Ada pengalaman lain yang membuat terkesan saat mendaki melalui jalur Gunung Putri?